Cara Merawat Kulit Kering Dengan Ayurveda

Kulit kering terlihat kusam dan kehidupan kurang karena kurangnya kelembaban. Kulit terhidrasi dengan baik bersinar dan pameran terlihat sehat. Selain penampilan yang sederhana, ada masalah lain yang terkait dengan kulit kering seperti :

  • Kerutan berkembang pada usia dini karena kekeringan berkepanjangan kulit.
  • Kulit kering, kasar dan keriput memberikan penampilan usia.
  • Kulit kering dan pecah-pecah pelabuhan mikroba yang menyebabkan infeksi jamur.
  • Pengeringan kelebihan kulit kering menyebabkan eksim.


Oleh karena itu perawatan kulit tubuh kering yang tepat harus diambil untuk meningkatkan tingkat kelembaban kulit dan mencegah pengeringan. Kulit yang lembut, halus dan bebas kerut akan membuat anda terlihat muda dan sehat!

Penyebab Kulit Kering

Kulit kita lembut dan halus karena kelenjar minyak yang ditemukan di bawah kulit kita. Kulit menjadi kering ketika kelenjar ini gagal untuk menyediakan pelumasan yang cukup untuk menjaga kulit lembut dan halus. Beberapa penyebab kulit kering adalah sebagai berikut :

  1. Cuaca dingin dan kering musim dingin mengambil korban sendiri pada kulit. Cuaca kering dingin membawa pengeringan kulit sehingga bersisik. Kurangnya kelembaban yang cukup luar juga menyebabkan kulit kering. Pemanasan Indoor lanjut menghilangkan jejak kelembaban dan memperburuk kekeringan kulit. Jadi di musim dingin, kulit menjadi sangat kering.
  2. Kulit kering dapat terjadi karena faktor genetik.
  3. Kulit kering mungkin timbul dari kekurangan gizi karena pola makan yang buruk.
  4. Praktek yang tidak sehat seperti paparan kondisi cuaca ekstrim, mandi untuk waktu yang lama di air yang sangat panas, dengan menggunakan sabun keras, berenang di air yang mengandung klor, bahan kimia dan kosmetik yang keras dapat semua menyebabkan kulit kering.
  5. Kulit kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban seperti yang kita tumbuh tua. Kondisi iklim yang ekstrim yang kita terpapar memperburuk kondisi kulit dan menjadi lebih kering.
  6. Sebuah penyakit yang mendasari beberapa seperti hipotiroidisme, diabetes, eksim, psoriasis atau seborrhea juga dapat menyebabkan kulit kering.
  7. Kulit kering juga mungkin timbul sebagai akibat dari obat-obatan seperti diuretik, antihistamin dan anti - spasmodics.


Apa Kata Ayurveda Tentang Kulit Kering

Menurut teks-teks Ayurveda, kulit kering disebabkan oleh vata dosha. Ketika vata dosha meningkat dalam tubuh mengurangi kapha dan membuat kulit kering dan keriput. (Kapha membuat kulit lembut dan halus, sedangkan vata membuat kulit kering dan kasar. Kualitas Vata dosha adalah kebalikan kaphadosha kualitas.)

Penyebab Peningkatan Vata Dosha di Tubuh

  • Paparan iklim dingin dan kering
  • Mengontrol dorongan alami seperti buang air kecil, buang air besar, rasa lapar, haus, dll
  • Tetap terjaga larut malam
  • Kebiasaan makanan yang tidak teratur
  • Tenaga fisik dan mental Kelebihan
  • Konsumsi makanan pedas, kering, atau pahit


Tips Alami Merawat Kulit Kering

  1. Jangan gunakan air panas untuk membersihkan kulit kering.
  2. Gunakan kain katun lembut dan tepuk kulit kering anda. Jangan menggosok kulit dengan keras, kasar handuk bertekstur.
  3. Daripada mencuci dengan air menggunakan sprayer bersih untuk melembabkan kulit anda. Gunakan air mineral bukan air keran untuk semprot.
  4. Ringan tepuk kulit kering.
  5. Hindari menggunakan sabun yang keras dan mencuci wajah karena mereka menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit anda.
  6. Manjakan kulit anda dengan memijat dengan pelembab. Pelembab meningkatkan kelembaban di lapisan atas kulit dan membuatnya lembut dan halus.
  7. Secara teratur memijat tubuh anda dengan minyak herbal. Minyak herbal melembutkan dan menenangkan kulit kering dan membantu untuk menjebak kelembaban antara pori-pori kulit.
  8. Oleskan lapisan tipis minyak kelapa sebelum menyelesaikan mandi anda dan kemudian tepuk kulit kering anda.
  9. Hindari pembersih berbasis alkohol.
  10. Mengkonsumsi diet seimbang yang mencakup makanan dari semua kelompok seperti sayuran, buah-buahan, karbohidrat, sereal, susu dan produk susu.
  11. Sertakan sayuran kuning dan oranye seperti wortel yang mengandung antioksidan kaya.
  12. Hindari junk food seperti keripik, digoreng makanan, dll.

 

Lebih banyak mengenai bagaimana tips cara merawat kulit tubuh, lihat

http://menghilangkan-jerawat-alami.blogspot.com/2012/11/8-pedoman-merawat-kulit.html